Bisnis

Kerja Sama Visa dan Xendit Tingkatkan Keamanan Bayar

Jakarta, Trendsetter.id – Visa menggandeng Xendit, sebagai yang pertama menerapkan solusi Visa Token Service (VTS) di Indonesia. VTS adalah platform dasar untuk tokenisasi global. Dengan mengganti nomor kartu Visa dengan token, VTS memungkinkan pengalaman pembayaran digital yang lebih aman dan lebih baik setiap harinya bagi jutaan pelanggan di seluruh dunia. 

Solusi token berfungsi sebagai pengenal alternatif, yang secara efektif menggantikan kebutuhan akan Nomor Rekening Pribadi (PAN) dalam transaksi pembayaran yang aman.

Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman menjelaskan, Visa berkomitmen untuk melindungi pemegang kartu dari kejahatan di dunia nyata maupun maya dengan teknologi keamanan pembayaran terbaru.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Xendit dalam menghadirkan Visa Token Service ke Indonesia. Kami yakin kolaborasi ini menjadi langkah signifikan untuk mendefinisikan kembali masa depan pembayaran digital yang aman di negara ini. Dengan bekerja sama dengan Xendit, kami tidak hanya meningkatkan keamanan transaksi pembayaran tetapi juga menyediakan pengalaman pembayaran yang mudah dan dapat diandalkan bagi bisnis dan konsumen.” ujar Riko.

Dengan bekerja sama dengan Xendit, Visa bertujuan untuk mempercepat penerapan Visa Token Service di berbagai platform merchant. Mengingat sebagian besar pedagang mengandalkan Gerbang Pembayaran untuk memfasilitasi proses pembayaran mereka, kolaborasi ini akan mengkatalisasi integrasi VTS, sehingga berkontribusi terhadap ekosistem pembayaran yang aman dan efisien.

Transaksi berulang, seperti perpanjangan langganan dan pembayaran tagihan bulanan, merupakan bagian integral dari perdagangan modern. Namun, hal ini juga disertai dengan tantangan yang sama, seperti kegagalan transaksi, habisnya masa berlaku kartu, dan masalah lain yang dapat mengganggu aliran pendapatan dan menciptakan pengalaman yang membuat frustrasi bagi pelanggan.

Melalui proyek percontohan Token Visa, Xendit melihat peningkatan sebesar 10% pada transaksi berulang dan kegagalan transaksi akibat kartu yang sudah habis masa berlakunya berkurang sebesar 30%, tanpa diperlukan integrasi tambahan untuk merchant.  Fitur ini meningkatkan keamanan, kepuasan pelanggan dan juga menyederhanakan proses pembayaran merchant Xendit.

Mikiko Steven, Managing Director Xendit mengungkapkan, kemitraan dengan Visa dan keberhasilan implementasi VTS merupakan langkah penting bagi Xendit, dan berharap akan menjadi kontribusi penting pula dalam lanskap pembayaran Indonesia.

“Kami bangga menjadi Gerbang Pembayaran pertama yang mengintegrasikan Visa Token Service di Indonesia, memungkinkan para merchant kami untuk menawarkan peningkatan keamanan dan kenyamanan kepada pelanggan mereka. Kemitraan ini menunjukkan komitmen kami untuk mendorong inovasi dan meningkatkan standar pembayaran digital yang aman di Indonesia.” kata Mikiko.

Pengenalan VTS membawa banyak keuntungan bagi konsumen dan bisnis. Dengan sistem keamanan yang ditingkatkan, konsumen dapat yakin bahwa informasi pembayaran mereka dilindungi, mengurangi risiko penipuan dan transaksi tidak sah. Selain itu, VTS meningkatkan keberhasilan pembayaran, memastikan pengalaman pembayaran yang lebih lancar dan andal.

Sebagai Gerbang Pembayaran pertama yang berhasil menghubungkan dan mengimplementasikan VTS, Xendit telah memantapkan perannya sebagai pelopor dalam lanskap pembayaran di Indonesia. Jangkauan Xendit yang luas mencakup kemitraan penting dengan pedagang ecommerce terkemuka, yang memposisikan Xendit sebagai platform pilihan bagi bisnis yang ingin memanfaatkan masa depan pembayaran digital yang aman.

“Inisiatif Visa untuk memperkenalkan Visa Token Service mencerminkan komitmen berkelanjutan perusahaan terhadap inovasi dan keamanan. Adopsi teknologi token telah berperan penting dalam mencegah aktivitas penipuan di seluruh dunia, melindungi konsumen dan bisnis dari potensi ancaman. Kami senang dapat menghadirkan solusi ini untuk bersama-sama meningkatkan keamanan ekosistem pembayaran yang saling terhubung di negara ini,” tutup Riko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *