Ekonomi Bisnis

Cara Wardah Tingkatkan Pengalaman Belanja Daring Bagi Konsumen

Jakarta, Trendsetter.id – Industri kecantikan lekat dengan inovasi yang tiada henti. Pemanfaatan AI sudah merupakan sebuah keharusan untuk mengakselerasi inovasi. Para pelaku industri kecantikan di Indonesia tak ketinggalan mulai melakukannya. Salah satu yang menjadi pelopor adalah Wardah, yang telah bermitra dengan Perfect Corp untuk mengintegrasikan layanan berbasis teknologi AI dan AR (augmented reality) di website mereka selama beberapa tahun terakhir.

Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp bermula pada saat pandemi COVID-19. Lewat kemitraan ini, Wardah ingin meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya, sebagai cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu.

Fitur Virtual Try-On menjadi solusi percobaan produk makeup secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen. Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeup secara virtual. Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-on hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya.

Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformation Wardah mengatakan, Wardah melihat bahwa fitur Virtual Try-On membawa banyak manfaat bagi brand. Pengalaman berbelanja yang berbeda dan sangat personal ini membuat konsumen membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya. Selain itu, hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah.

“Wardah selalu berupaya untuk memberi pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi para konsumennya. Dengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,” ujar Tessi Fathia.

Melihat hal ini, Wardah menambahkan fitur Foundation Shade Finder yang membantu konsumen menemukan warna produk foundation yang sesuai dengan warna kulit mereka.

Inovasi teknologi yang dihadirkan untuk menjawab tantangan berupa ekspektasi konsumen yang menginginkan pengalaman yang sangat personal saat memilih dan membeli produk. Selain itu, konsumen juga ingin agar perjalanan dalam berbelanja daring ini bisa berlangsung dengan sederhana, mudah, dan cepat.

Walau pandemi telah usai, tapi Wardah terus mengimplementasikan inovasi teknologi ke depannya. Bagi Wardah, solusi yang diberikan Perfect Corp tak hanya meningkatkan pengalaman berbelanja daring bagi konsumen, tapi juga membantu memangkas biaya pembuatan sampel produk serta membuat bisnis mereka menjadi semakin ramah lingkungan.

Dengan begitu banyak manfaat yang didapatkan Wardah dengan mengimplementasikan teknologi yang inovatif hasil integrasi AI dan AR, sudah saatnya para pelaku industri kecantikan di Indonesia melakukan langkah serupa. Dengan demikian, mereka juga dapat menjawab tantangan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang, sekaligus mengakselerasi inovasi yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *