News

Teknologi Teintegrasi untuk Maksimalkan Potensi Bisnis Ritel

Jakarta, Trendsetter.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Business meluncurkan NEXTretail, sebuah solusi digital terintegrasi mutakhir yang dirancang untuk mengoptimalkan pendapatan bisnis di bidang ritel, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional di toko-toko mereka.

Memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan intelligent analytics, NEXTretail memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai kebutuhan pelanggan, personalisasi secara real-time, membuat program loyalitas pelanggan lebih tepat sasaran, serta memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.

Industri ritel mengalami perubahan signifikan akibat transformasi digital yang berkembang pesat. Kemampuan untuk menciptakan solusi khusus guna meningkatkan pengalaman konsumen secara optimal menjadi sangat dibutuhkan. Kemudahan melalui berbagai layanan digital menjadi hal esensial bagi peritel modern. Saat ini, peritel memiliki kekuatan untuk memanfaatkan wawasan berbasis data guna mendorong bisnis mereka lebih maju lagi, meningkatkan interaksi pelanggan, dan mengoptimalkan operasi melalui pengembangan yang didukung oleh data akurat.

Muhammad Buldansyah, Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, dunia ritel terus berkembang secara dinamis, di mana ekspektasi pelanggan terus meningkat. Solusi yang ditawarkan NEXTretail dari Indosat Business dirancang untuk menghadirkan transformasi digital yang nyata, meningkatkan efisiensi, dan memaksimalkan kepuasan pelanggan.

“NEXTretail merupakan bentuk nyata komitmen kami dalam kemajuan industri ritel melalui inovasi teknologi terdepan. Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia.” jelas Muhammad Buldansyah.

NEXTretail adalah berbagai solusi teknologi terintegrasi, satu atap. Solusi Indosat Smart Digital Ads memungkinkan peritel untuk membuat kampanye iklan digital yang dipersonalisasi dan ditargetkan berdasarkan preferensi serta perilaku pelanggan.

Peritel dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan sebesar 30%, konversi sebesar 25%, dan ROI iklan sebesar 20%. Sebuah studi kasus1) menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 25% di sebuah jaringan ritel terkemuka setelah menerapkan solusi yang sama.

Untuk mengatasi kepadatan yang sering terjadi dalam melayanani pelanggan, Chatbot berbasis AI Indosat menyediakan dukungan layanan pelanggan 24 jam selama 7 hari, menangani pertanyaan umum dengan cepat dan mengarahkan masalah yang lebih kompleks ke operator manusia bila diperlukan. Hal ini mengurangi waktu respons hingga 50%, menurunkan biaya layanan pelanggan hingga 40%, dan meningkatkan kepuasan pelanggan hingga 30%.2)

Solusi lainnya adalah Smart Cashier, yang merupakan sistem untuk mempercepat proses pembayaran, memastikan transaksi aman dan efisien. Solusi ini mengurangi waktu pembayaran hingga 40%, meningkatkan efisiensi transaksi hingga 35%, dan mengurangi kesalahan manual hingga 30%. Sebuah toko ritel berhasil meningkatkan kecepatan pembayaran sebesar 40% dan efisiensi transaksi sebesar 35% setelah menggunakan solusi serupa.1)

Tak hanya itu, NEXTretail juga menyediakan AI CCTV Surveillance yang menyediakan pengawasan waktu secara real-time dengan teknologi AI untuk deteksi anomali dan pencegahan pencurian serta penipuan. Dengan solusi ini, insiden pencurian dan penipuan dapat dikurangi hingga 50%, deteksi dini terhadap ancaman yang dapat menimbulkan kerugian meningkat hingga 30%, serta biaya terkait keamanan berkurang hingga 20%.1)

Indosat Business menawarkan solusi IT inovatif yang dirancang khusus untuk industri ritel, membantu bisnis berkembang secara maksimal di era digital. NEXTretail membuat bisnis ritel menjadi lebih mudah untuk tetap kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *