Pariwisata

Nikmati Libur Lebaran dengan “Bundling Paket Wisata Kereta Api”

Jakarta, Trendsetter.id – Menyambut libur lebaran sekaligus mewujudkan target pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,5 miliar di tahun 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program “Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api”.

“Presiden telah memberikan arahan terkait pelaksanaan program gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) guna meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan nusantara. Yang targetnya tahun ini mencapai 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusanatara,” ujar Sandiaga.

Melalui inisiasi ini, Menparekraf Sandiaga berharap semakin banyak wisatawan nusantara yang tertarik dan mulai merencanakan perjalanan wisatanya pada momentum libur lebaran dengan KAI dan travel agent.

“Dengan promo dan paket wisata yang ditawarkan diharapkan dapat membantu meningkatkan pengalaman dan kesan yang mendalam bagi wisatawan nusantara,” ujar Sandiaga.

Nikmati Libur Lebaran dengan "Bundling Paket Wisata Kereta Api"

Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia, Hadis Surya Palapa, menjelaskan bahwa dalam kolaborasi dengan Kemenparekraf dan ASTINDO terapat dua program turunan dari “Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api” yakni Nyok Mudik ke Jakarte Aje dan Wisata Senin-Kamis.

Untuk Nyok Mudik ke Jakarte Aje, terdapat sekitar 20 jalur menuju Jakarta yang bisa dimanfaatkan untuk calon wisatawan, yang dikemas dengan paket-paket wisata menarik meliputi akomodasi, kuliner, hingga objek wisata.

Sementara, program Wisata Senin-Kamis menawarkan tiket kereta api dengan diskon menarik untuk berbagai tujuan setiap keberangkatan Senin sampai Kamis khusus travel agent yang mem-bundling layanannya menggunakan kereta api.

“Kita tawarkan tiket promo sampai dengan 30 persen juga dan ini masa berlakunya sampai setelah lebaran. Dan promonya hanya ada di Senin dan Kamis,” kata Hadis.

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno, mengatakan apabila KAI menyediakan moda transportasinya untuk mendukung pergerakan wisatawan nusantara, ASTINDO berperan sebagai penyedia paket-paket wisata tematik di daerah.

“Kami membuat paket-paket dimana masyarakat bisa melakukan perjalanan dari Nganjuk, Blitar, Kebumen dimana kota-kota ini tidak terjangkau oleh bandara. Jadi mereka bisa liburan di Jakarta aja dengan harga promosi diskon hotel, diskon atraksi, dan diskon tiket kereta,” kata Pauline.

“Paket wisata ini tidak hanya berenti di Jakarta aja, tapi nantinya akan ada varian paket-paket wisata lainnya dari kolaborasi antara ASTINDO dengan Kereta Api Indonesia,” katanya.

Photo: Kemenparekraf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *