Ekonomi Bisnis

Kemenhub Gelar Pameran Kendaraan Listrik dan Edukasi Kepada Pelaku UMKM

Jakarta, Trendsetter.id – Kementerian Perhubungan menggelar pameran kendaraan listrik dan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pelaku UMKM tentang bengkel konversi kendaraan listrik, khususnya untuk roda dua. Kegiatan ini digelar di Pusat Pemerintahan Provinsi Banten di Serang, Banten,dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2023 yang pada tahun ini diselenggarakan di Serang, Banten.

Kemenhub, telah mengeluarkan dua Peraturan Menteri Perhubungan terkait konversi kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun kendaraan lainnya, dari penggerak bahan bakar minyak (BBM) ke energi listrik berbasis baterai. Adapun kedua Permenhub tersebut yakni, Permenhub No 65 Tahun 2020 (konversi sepeda motor) dan Permenhub No 15 Tahun 2022 (konversi kendaraan lainnya).

“Kami memanfaatkan momentum Gernas BBI di Banten, yang cukup banyak dihadiri oleh pelaku UMKM. Untuk menyampaikan informasi terkait tata cara dan syarat menjadi bengkel konversi yang tersertifikasi,” demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Hartanto, Jumat (10/2).

Hartanto mengatakan, sampai saat ini jumlah bengkel sepeda motor konversi yang telah memenuhi syarat dan tersertifikasi sebanyak 21 bengkel dan beberapa diantaranya adalah pelaku UMKM. Sementara, jumlah bengkel kendaraan lainnya yang telah tersertifikasi yaitu sebanyak 6 bengkel.

“Para peserta cukup antusias menyaksikan demo cara melakukan konversi dan juga mendapatkan penjelasan tentang syarat membuat bengkel konversi. Kami akan terus mendorong pertumbuhan jumlah bengkel konversi yang tersertifikasi,” katanya.

Selain itu, Kemenhub bekerja sama dan sejumlah produsen otomotif menggelar pameran kendaraan listrik. Sejumlah produsen motor listrik yang turut berpartisipasi diantaranya yaitu : Selis, Gelora E, Grab Electric, United Motor, dan Elders. Selain motor, turut dipamerkan beberapa mobil listrik yang digunakan Kemenhub untuk kendaraan dinas operasional. Selain melihat pameran, para peserta juga bisa melakukan test drive secara gratis.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin masyarakat lebih aware terhadap keunggulan dan manfaat penggunaan kendaraan listrik. Sekaligus juga untuk menjelaskan dari sisi aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanannya, agar masyarakat semakin percaya diri untuk menggunakannya,” tutur Hartanto.

Kemenhub mengapresiasi Pemerintah Provinsi Banten yang turut berkontribusi membangun ekosistem kendaraan listrik dengan telah dibangunnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Tahun ini merupakan tahun ke-3 keterlibatan Kemenhub dalam mensukseskan Gernas BBI, sebagai salah satu program pemerintah untuk memajukan sektor UMKM dan produk dalam negeri.

Pada tahun ini, Kemenhub berkolaborasi dengan Kemenkomarves dan Pemerintah Provinsi Banten untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang dirangkaikan dengan kegiatan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2023 selama tiga bulan sejak Februari hingga Mei 2023 di Provinsi Banten.

Adapun tujuan dari Gernas BBI diantaranya yaitu: menghantarkan UMKM di lokasi masing-masing ke ekosistem digital, meningkatkan realisasi belanja Produk dalam Negeri (PDN) di Pemerintah Pusat dan Daerah, dan membentuk budaya bangga menggunakan produk dalam negeri.

Beberapa upaya yang dilakukan Kemenhub untuk mendukung tujuan Gernas BBI diantaranya yakni: memberlakukan kebijakan kepada seluruh operator prasarana transportasi agar memberikan space minimal 30% untuk UMKM, mendorong belanja Produk Dalam Negeri di sektor transportasi, membuat kebijakan kewajiban penggunaan produk dalam negeri dengan nilai TKDN, dan mendorong percepatan belanja PDN tahun 2023 di lingkungan Kemenhub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *