Indonesia Masuk 10 Besar Wisatawan yang Berkunjung ke Chengdu
Jakarta, Trendsetter.id – Kegiatan Promosi Kepariwisataan Chengdu Tiongkok di Indonesia, “Meet in the Park City·Roam Happy Chengdu” berlangsung di Jakarta pada 29 September lalu. Kegiatan ini digelar oleh Dinas Kebudayaan, Radio, Televisi, dan Pariwisata Chengdu, Tiongkok, dengan melibatkan Chengdu Media Group melalui Chengdu International Media Co., Ltd. sebagai pihak pelaksana.
Sebanyak 40 orang, termasuk perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Asosiasi Kepariwisataan Indonesia, serta instansi pemerintah lokal lain, perwakilan perusahaan pariwisata dan pakar industri pariwisata turut berpartisipasi.
Di acara tersebut, Adila Chaerman, Kepala Pemasaran Pariwisata Asia Timur Biro Pemasaran Regional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, menyampaikan paparan yang menilai Chengdu sebagai tempat asal panda raksasa. Selain itu Chengdu mengusung jalinan persahabatan dan harmoni, serta panda raksasa berperan sebagai sosok yang membawa pesan perdamaian.
‘Chengdu dikenal sebagai ‘kota yang sulit ditinggalkan setelah Anda berlibur di sana’. Gaya hidup masyarakat Chengdu yang nyaman bahkan menarik arus kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.” ungkap Chaerman.
Sejak 2015, menurut data “Buku Tahunan Statistik Chengdu”, Indonesia telah berkali-kali tercantum dalam daftar sepuluh besar yang negara asal wisatawan yang berkunjung ke Chengdu. Maka, dalam kegiatan promosi ini, “10 Rute Terbaik untuk Tur Wisata Inbound” menarik minat pelaku industri kepariwisataan di Indonesia.
Sektor Pariwisata Kebudayaan Chengdu Merambah Indonesia
Sichuan dan Indonesia telah lama bekerja sama dalam program kota kembar (sister city), ekonomi dan perdagangan, pendidikan, kebudayaan dan pariwisata, serta bidang-bidang lain. Chengdu, pintu gerbang internasional di Tiongkok barat, dan Jakarta, pusat transportasi darat dan laut di Indonesia, dapat ditempuh hanya lima jam dengan pesawat terbang.
Kedua kota ini berperan sebagai jembatan penting dari Asia menuju Oseania. Lebih lagi, kedua kota ini mempromosikan kerja sama ekonomi dan perdagangan antarwilayah, serta pertukaran budaya.
Chaerman berharap, kedua pihak akan mempererat kegiatan pertukaran dan kerja sama. Setiap orang yang diajak untuk menelusuri setiap jalanan di Chengdu, menikmati kuliner lezat, mengeksplorasi pemandangan yang indah, menemui panda, serta mempelajari pesona dan kebahagiaan Chengdu.