Pariwisata

Harga Menjadi Faktor Utama Penentu Preferensi Wisatawan

Jakarta, Trendsetter.id – Menutup tahun 2023, airasia MOVE (sebelumnya dikenal sebagai airasia Superapp) merangkum sejumlah tren wisatawan lintas Asia Tenggara, dimana pertimbangan harga menjadi faktor krusial yang menentukan preferensi dan loyalitas pengguna aplikasi.

Selama tahun 2023, airasia MOVE mencatat jumlah pemesanan tiket pesawat tertinggi pada sejumlah destinasi negara tetangga, seperti Kuala Lumpur dan Kota Kinabalu (Malaysia), Bangkok dan Chiang Mai (Thailand), serta  Manila (Filipina). Setidaknya, terdapat lebih dari 30% pengguna aplikasi yang mencari penerbangan menuju rute tersebut.

Baca juga : Langkah Mitigasi Kemenparekraf Jelang Libur Nataru 2023-2024

Chief Executive Officer airasia MOVE, Nadia Omer mengatakan, dengan memahami perilaku pengguna, airasia MOVE semakin terdorong untuk terus berinovasi dan menyempurnakan airasia MOVE di tahun mendatang. Menciptakan komunitas yang dapat meningkatkan pengalaman perjalanan pengguna di dalam satu platform praktis, sembari menawarkan nilai terbaik yang dapat dinikmati oleh setiap orang.”

“Tren wisatawan yang kita amati sepanjang tahun selaras dengan komitmen airasia MOVE untuk menciptakan ekosistem perjalanan yang inklusif dan terjangkau bagi siapapun.” jelas Nadia.

Berdasarkan perilaku transaksi pengguna airasia MOVE, tanggal menuju gajian atau pekan terakhir di setiap bulan merupakan periode puncak pembelian tiket pesawat dari seluruh maskapai yang tersedia di dalam aplikasi.

Senada dengan poin sebelumnya, 74% pengguna airasia MOVE memilih akomodasi dengan kisaran harga Rp800 ribu hingga Rp1,3 juta. Menariknya, mayoritas pemesanan hotel dilakukan sekitar 30 hari sebelum kedatangan, sementara pemesanan tiket pesawat dilakukan jauh sebelumnya.

Di samping promo, pengguna airasia MOVE juga kerap memanfaatkan keuntungan dari program loyalitas airasia rewards untuk berhemat. Hal ini tampak pada jumlah anggota airasia yang meningkat lebih dari 40% pada tahun 2023 dibandingkan 2022. Berdasarkan akumulasi selama setahun, sebanyak 2,3 miliar airasia points telah ditukarkan untuk bertransaksi di seluruh ekosistem airasia MOVE.

Baca juga : Strategi serta Tantangan Industri Pariwisata 2024

Nadia mengungkapkan, fakta ini telah menegaskan kembali posisi airasia MOVE sebagai platform OTA+ yang selalu mengedepankan harga terbaik bagi para pengguna. Total 2,3 miliar airasia points yang ditukarkan setara dengan 106 ribu tiket penerbangan Jakarta – Penang pada periode promo Final Call.

“Memasuki tahun 2024, pengguna dapat menantikan pengalaman aplikasi yang lebih baik, beserta ragam produk menarik dan inovatif, seperti paket berlangganan penerbangan terbaru, promo yang lebih menguntungkan untuk tiket pesawat, hotel, dan lainnya,” tutup Nadia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *