Pariwisata

AP II Persiapkan Bandara Sisingamangaraja XII Sambut F1 Powerboat Danau Toba

PT Angkasa Pura II siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan Kejuaraan Dunia F1Powerboat Danau Toba, Indonesia, pada 25-26 Februari 2023. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan ajang F1 Powerboat Danau Toba meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di dunia, sekaligus menunjukkan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah ajang internasional. 

“Untuk itu, salah satu upaya kita untuk dapat bersaing secara global ialah dengan mempromosikan pariwisata Indonesia melalui event internasional. Setelah G20, Indonesia dipandang mampu menjadi tuan rumah untuk ajang-ajang internasional. Selanjutnya, F1 Powerboat inilah salah satunya yang sedang kita gencar promosikan,” ujar Menkomarvest. 

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan BUMN telah melakukan berbagai persiapan. 

“Kemudian, untuk kesiapan konektivitas dan bandara, Angkasa Pura II telah mempersiapkan pelayanannya untuk menyambut kedatangan peserta serta wisatawan, dan sebagainya,” jelas Wamen BUMN II. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan bandara-bandara perseroan siap mendukung kesuksesan penyelenggaraan F1 Powerboat Danau Toba. 

Tiga bandara berperan penting, yakni Bandara Sisingamangaraja XII (Tapanuli Utara) yang berlokasi sekitar 30 menit dari venue F1 Powerboat, lalu bandara pendukung yakni Bandara Kualanamu (Deli Serdang, Sumut), Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).

“Keberadaan Bandara Sisingamangaraja XII sejak awal adalah untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, dan AP II siap mewujudkan hal ini. AP II telah melakukan pengembangan berkelanjutan di Bandara Sisingamangaraja XII. Bandara ini telah dipersiapkan untuk menyambut event internasional seperti F1 Powerboat,” ujar Muhammad Awaluddin. 

Lebih lanjut, Muhammad Awaluddin memastikan ketersediaan slot time penerbangan di Bandara Sisingamangaraja XII untuk mendukung F1 Powerboat. 

“Saat ini Bandara Sisingamangaraja XII beroperasi 8 jam setiap hari, apabila dibutuhkan maka jam operasional siap diperpanjang untuk mengakomodir penerbangan tambahan (extra flight). Yang jelas, AP II memastikan slot time penerbangan tersedia bagi maskapai,” jelas Muhammad Awaluddin. 

Adapun terdapat 3 maskapai yang melayani penerbangan setiap hari (daily) dari Jakarta ke Bandara Sisingamangaraja XII dan sebaliknya, yaitu Citilink dan Batik Air, serta AirAsia Indonesia sebanyak 3x seminggu.

Permintaan penambahan jadwal penerbangan sendiri sudah ada, salah satunya dari AirAsia ndonesia yang akan melayani penerbangan menjadi 7x seminggu. 

“Kolaborasi stakeholder termasuk maskapai dan ground handling sudah kami jalankan. Standar pelayanan dipastikan tetap terjaga, baik itu terkait ketepatan waktu penerbangan (on-time performance) hingga layanan bagasi penumpang pesawat,” ungkap Muhammad Awaluddin. 

Director of Engineering AP II Agus Wialdi mengatakan fasilitas di Bandara Sisingamangaraja XII dipastikan siap, di antaranya fasilitas sisi udara (airside) yakni parking stand untuk 8 unit pesawat serta runway berdimensi 2.650 x 45 meter yang dapat mengakomodir pesawat sekelas Boeing 737-800 Next Generation dan Airbus A320. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *