Ekonomi Bisnis

Grup RS Siloam dan Asan Medical Center Jalin Kerja Sama Kembangkan Klinis di Indonesia

Jakarta, Trendsetter.id – Grup RS Siloam (Siloam) dan Asan Medical Center (AMC) di Seoul, Korea Selatan telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperluas dan mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia.

Kerjasama ini juga akan memungkinkan Siloam dan AMC untuk menjadi penyedia layanan kesehatan kolaboratif, termasuk perawatan bersama pasien dan rujukan pasien, serta pertukaran staf medis dan peneliti.

Hubungan kerjasama strategis ini menunjukkan komitmen Siloam untuk terus memperkuat program klinis dan hasil medisnya. Kedua belah pihak dapat saling meningkatkan pengetahuan dalam kasus-kasus yang kompleks, meningkatkan kesadaran, eksposur, dan pengalaman tim medis di berbagai bidang medis, serta banyak keuntungan lainnya dari kemitraan ini.

Caroline Riady selaku Managing Director Siloam Hospitals Group menjelaskan Siloam Hospitals terus meningkatkan pelayanan yang diberikan dan berupaya untuk menyediakan pusat unggulan untuk meringankan kebutuhan medis di Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan medis kami yang sudah ada dan membangun kemampuan medis yang baru. Kami berharap kolaborasi medis antara Siloam dan AMC juga akan meluas ke layanan lainnya,” ujar Caroline Riady.

Sejak didirikan 25 tahun yang lalu, Grup RS Siloam Indonesia telah memiliki misi untuk menjadi destinasi pilihan terpercaya untuk layanan kesehatan holistik berkelas dunia, edukasi kesehatan dan penelitian.

Saat ini, Siloam merupakan satu-satunya rumah sakit swasta yang masih melakukan prosedur transplantasi ginjal melalui Siloam ASRI dan telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan sebagai pusat transplantasi ginjal. Rumah sakit ini telah melakukan lebih dari 300 transplantasi ginjal dengan tingkat kelangsungan hidup 1 tahun sebesar 96%.

Perwakilan dari Asan Medical Center, Sook-kyung Sung menjelaskan  grup RS Siloam dan Asan Medical Center memiliki tujuan yang sama dalam Upaya untuk meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Kami sangat senang dapat memulai kolaborasi strategis dengan Siloam, salah satu operator layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia yang memiliki standar internasional dan keahlian yang mendalam di bidang medis,” ujar Sook-kyung Sung.

Sejak didirikan pada tahun 1989, Asan Medical Center (AMC) telah menjadi yang terdepan dalam pengembangan medis di Korea Selatan. AMC melakukan lebih dari 70.000 operasi kompleks setiap tahunnya. AMC telah menerima pengakuan yang signifikan atas pencapaian klinisnya yang tak tertandingi, terutama di bidang transplantasi organ, kanker, dan penyakit jantung, dengan 1 dari 4 transplantasi dan 1 dari 9 operasi kanker di Korea dilakukan di AMC.

AMC telah diakui oleh U.S. Newsweek dalam jajaran ‘Rumah Sakit Terbaik di Dunia’, secara konsisten menempati posisi teratas di Korea selama lima tahun berturut-turut dan menempati peringkat ke-29 di dunia. Kuantitas dan kualitas perawatan AMC yang luar biasa mengundang rata-rata 450 dokter internasional setiap tahunnya untuk berpartisipasi dalam program pelatihan AMC untuk memperoleh teknik dan pengetahuan medis tingkat lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *