Ekonomi Bisnis

FLOII 2023 Resmi Dibuka, Tanaman Hias Indonesia Diminati Pasar Global

Jakarta, Trendsetter.id – Pameran tanaman hias FLOII Expo 2023, mempesona para pecinta dan penggemar flora dengan pameran yang penuh warna, kreativitas, dan inspirasi. Acara ini digelar di Hall 2 Indonesia Conference Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada 28 September — 1 Oktober 2023. Perhelatan kali ini akan mengambil tema “Rooted in Tradition, Blooming in Innovation”.

Dalam sambutannya, Teten Masduki menyampaikan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif dengan negara lain dalam hal budidaya tanaman hias. Apalagi, kemampuan rekayasa genetika dan teknologi pemeliharaan tanaman Indonesia terbilang maju.

“Secara ekonomi, pasar tanaman hias Indonesia masih bisa lebih dioptimalkan lagi. Pangsa pasar tanaman hias Indonesia terbilang kecil di tingkat global. Hanya 0,1 persen dari pangsa pasar global senilai $ 22 miliar. Untuk itu, perlu dukungan lebih dari pemerintah, seperti Kementerian Pertanian dan Kemenkop UKM, termasuk semua pemangku kepentingan terkait,” ujar Teten. 

Presiden Direktur Dyandra Event Solutions Michael Bayu A. Sumarijanto mengungkapkan, pelaku usaha tanaman hias di Indonesia kebanyakan datang dari sektor usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Dukungan pemerintah untuk mendorong Indonesia menjadi negara pengekspor tanaman hias terbesar di dunia sangat dibutuhkan. Selain itu dibutuhkan kerja keras para pihak untuk mewujudkan hal tersebut.

“FLOII Expo 2023 menjadi komitmen kami untuk membangun industri tanaman hias yang berkelanjutan dengan mengedepankan konservasi keanekaragaman hayati dengan praktik terbaik dan inovasi berkelanjutan,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, ada lebih dari 150 peserta pameran dari dalam dan luar negeri. Dari luar negeri, peserta pameran antara lain dari Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Filipina. Pembicara yang merupakan pakar tanaman hias juga akan meramaikan sesi diskusi dan seminar selama penyelenggaraan pameran.

FLOII 2023 Resmi Dibuka, Tanaman Hias Indonesia Diminati Pasar Global

Prospek Masih Menjanjikan

Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini di sela-sela kunjungannya di acara FLOII Expo 2023, menyampaikan, meskipun industri tanaman hias Indonesia masih belum dominan, dirinya optimis bahwa prospek tanaman hias Indonesia sangat menjanjikan. Namun, hal itu perlu inovasi lewat beragam eksperimen untuk menghasilkan varietas tanaman baru.

“Ajang pameran tanaman hias FLOII harus diselenggarakan secara konsisten untuk memperkenalkan tanaman hias asli Indonesia ke masyarakat luas dan dunia dengan harapan dapat mendorong industri taman hias Tanah Air memegang peranan penting di pasar global,” ujarnya.

Industri tanaman hias dalam negeri, bisa dibilang masih menjanjikan. Produksi beberapa jenis tanaman hias di Tanah Air juga masih tinggi. Sebagai contoh, produksi anggrek potong pada tahun 2022 sebanyak 6,79 juta tangkai; bunga anthurium sebanyak 2,07 juta tangkai; mawar sebanyak 169,1 juta tangkai; serta sedap malam sebanyak 118,32 juta tangkai. Wilayah Jawa masih menjadi sentra produksi ragam tanaman hias tersebut.

FLOII Expo 2023 dibuka mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Tiket masuk pameran seharga Rp 30.000 per orang atau sebagai tiket harian. Adapun untuk tiket terusan selama empat hari penyelenggaraan, pengunjung cukup membayar Rp 100.000 per orang. Tiket dapat dibeli melalui www.floii-expo.com atau on the spot.

Ajang FLOII Expo 2023 diharapkan akan menjadi magnet bagi para pecinta tanaman hias, pembudidaya, pedagang, dan para ahli di bidang ini. Tidak hanya menjadi ajang pameran, FLOII Expo 2023 bertujuan untuk memajukan industri tanaman hias dan membangun komunitas yang peduli akan keindahan alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *