Ekonomi Bisnis

Cinema XXI Raih Pendapatan Rp5,2 Triliun Selama 2023

Jakarta, Trendsetter.id – PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) berhasil menjaga stabilitas kinerja yang solid sepanjang 2023 ditandai dengan pertumbuhan kinerja keuangan dan kinerja operasional. Cinema XXI mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 18,9% pada 2023 menjadi Rp5,2 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp4,4 triliun.

Perseroan juga meraih perolehan laba bersih setelah pajak mencapai Rp742,3 miliar, tumbuh 47,1% dibandingkan tahun 2022, dengan perolehan EBITDA sebesar Rp1,7 triliun.

Baca juga : TOMORO COFFEE Resmikan Gerai Pertama di Singapura

Direktur Utama Cinema XXI Hans Gunadi mengatakan sebagai jejaring bioskop terbesar di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 35 tahun di industri pertunjukan film, Cinema XXI senantiasa berkomitmen dan konsisten dalam menjaga pertumbuhan kinerja melalui penguatan fundamental bisnis.

“Peningkatan kinerja tersebut diperoleh dengan fokus pada penjualan tiket bioskop, pengembangan produk makanan dan minuman, platform digital, serta iklan. Adapun total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60%, produk makanan dan minuman sebesar 35,4%, platform digital sebesar 2%, dan iklan sebesar 1,9%,” kata Hans.

Cinema XXI secara konsisten melakukan ekspansi untuk kedua lini usaha utama, yakni bioskop dan produk makanan dan minuman. Cinema XXI membuka lokasi bioskop baru untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menonton film-film favorit mereka.

Baca juga : Bidik Indonesia Timur, INPP Resmikan Hyatt Place Makassar

Sepanjang tahun 2023, Cinema XXI telah membuka 18 lokasi baru dengan tambahan 75 layar. Dengan demikian, sampai dengan 31 Desember 2023 Cinema XXI telah memiliki 240 bioskop dengan total 1.280 layar di 60 kota/kabupaten yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini turut mendorong peningkatan penjualan tiket bioskop sebesar 25,7% dari 67,1 juta penonton pada tahun 2022 menjadi 84,3 juta penonton pada tahun 2023. Angka tersebut menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp3,5 triliun.

Direktur Cinema XXI Arif Suherman menjelaskan peningkatan jumlah penonton juga tercermin dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman yang tumbuh 29,3% pada tahun 2023 menjadi Rp2,0 triliun dari Rp1,6 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini juga terefleksi dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman dibandingkan pendapatan GBO sebesar 58,3%. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi rangkaian makanan dan minuman berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *