Ekonomi Bisnis

BCA Digital & Amartha Salurkan Pinjaman Untuk 200 Ribu UMKM Perempuan

Jakarta, Trendsetter.id – PT Bank Digital BCA atau BCA Digital menggandeng PT Amartha Mikro Fintech (Amartha) untuk menyalurkan modal kerja kepada lebih dari 200 ribu pelaku UMKM perempuan pada sektor usaha produktif. Kerjasama ini sudah berjalan sejak 27 Maret 2023 yang dapat diakses melalui aplikasi Amartha.

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati menyampaikan, kolaborasi ini merupakan langkah BCA Digital untuk memberikan akses pendanaan merata kepada pelaku UMKM yang tersebar di pelosok daerah Indonesia.

“Potensi perkembangan UMKM di Indonesia sangat besar. Tetapi banyak yang mengalami keterbatasan mendapatkan modal untuk melebarkan usaha mereka. BCA Digital ingin membantu para pelaku UMKM, khususnya perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga, untuk lebih mudah mendapatkan akses pendanaan melalui kolaborasi pembiayaan dari BCA Digital dan Amartha” ujar Lanny.

Lanny menambahkan, alasan BCA Digital memilih Amartha karena memiliki kesamaan misi untuk memberikan layanan finansial yang tepat kepada masyarakat. Khususnya masyarakat pelaku UMKM dan Ultra Mikro dengan memanfaatkan teknologi serta meninggalkan dampak positif di setiap kebijakan agar tercipta ekosistem yang lebih sustain.

Julie Fauzie, Chief Funding Officer Amartha mempercayai bahwa kolaborasi dengan BCA Digital menjadi salah satu pondasi dalam membangkitkan perekonomian pasca pandemi.

“Sebagai prosperity platform, Amartha membuka peluang kolaborasi dengan beragam institusi dan komunitas yang memiliki kesamaan tujuan untuk menciptakan ekosistem layanan keuangan yang adil dan sejahtera. Membuka tahun 2023, Amartha menjalin kolaborasi dengan BCA Digital sebagai partner institusi terbaru.”

“Semoga sinergi ini dapat menjadi motor penggerak bagi para institusi dan komunitas lain untuk bersama- sama berkontribusi mendorong pelaku usaha ultra mikro. Agar dapat tercapai kesejahteraan merata yang berkelanjutan bagi segmen akar rumput,” lanjut Julie.

Secara kumulatif, Amartha telah menyalurkan lebih dari 11 triliun rupiah modal usaha kepada lebih dari 1,6 juta pengusaha ultra mikro yang tersebar di lebih dari 35.000 desa di Indonesia. Amartha juga terbukti dapat menjaga kualitas pinjaman dengan angka NPL yang stabil di angka 0,5 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *