Ekonomi Bisnis

Pointmeal by Komumeal Hadirkan Inovasi Bagi Pelaku Usaha Kuliner

Jakarta, Trendsetter.id – Pada masa pandemi Covid-19, banyak orang mencari cara untuk menghasilkan pendapatan tambahan, salah satunya dengan membuka bisnis kuliner. Tetapi membangun sebuah bisnis tidak segampang yang dibayangkan. Banyak pelaku bisnis kuliner terutama UMKM hanya bertahan sementara, karena tidak didukung dengan strategi dan fasilitas yang memadai.

Berawal dari ide yang sama, sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Komumeal memiliki semangat untuk memajukan usaha dunia kuliner. Bekerja sama dengan PT Pos Properti Indonesia, Komumeal menghadirkan Pointmeal by Komumeal, yaitu konsep dapur bersama dan makan di tempat. Pelalu usaha kuliner khususnya UMKM diberikan fasilitas yang memadai, mulai dari dapur yang cukup besar dan gratis pemotretan menu makanan sebagai sarana promosi.

Pointmeal sendiri saat ini memiliki 4 tipe dapur virtual yang diklaim memiliki ukuran lebih luas dari dapur virtual lainnya. Tipe pertama dan paling kecil adalah starter, lalu premium, exclusive, dan yang paling luas tipe master. Rencananya dapur virtual yang khusus melayani dine in akan disatukan di lantai atas. Sedangkan di bawah akan diubah menjadi central kitchen.

Agi Gratia selaku Co-Founder mengatakan “Awalnya saat pandemi Covid-19, cloud kitchen (dapur virtual) Pointmeal dibuat sebagai wadah pelaku bisnis kuliner punya tempat usaha dengan dapur yang layak dan lokasi strategis untuk mejalankan usahanya. Namun setelah pademi menjadi endemi tren bisnis kuliner layanan makan di tempat menjadi peluang mengembangkan usaha, selain layanan pesan antar makanan.”

Sejak dibuka pada tahun 2022, ada 18 mitra yang bergabung di Pointmeal by Komumeal.

Mitra yang bergabung sudah terkurasi, seperti menu yang disajikan tidak boleh sama, dijamin enak dan bersih. Pointmeal by komumeal menyajikan berbagai jens makanan, mulai makanan pembuka sampai makanan pencuci mulut

Selain itu lokasi yang cukup strategis dan berada di jalan utama, diyakini dapat menarik banyak pelanggan.

“Lokasi Pointmeal yang cukup strategis, berada dalam Kawasan Kantor Pos Mampang Prapatan dan daerah sekitar merupakan kawasan perumahan, perkantoran, dan apartemen, tiga pilar yang bikin pelaku usaha kuliner sukses. Selain itu, tantangan kami bagaimana mengubah persepsi orang, kawasan Tendean bisa jadi tempat nongkrong,” tambah Agi.

Berbagai aktivitas juga akan digelar di Pointmeal untuk menarik pengunjung dan komunitas. Harapannya Pointmeal ke depan menjadi titik kumpul berbagai komunitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *