Ekonomi Bisnis

Layanan Cath Lab dengan Teknologi AI Pertama di Indonesia

Jakarta, Trendsetter.id – Primaya Hospital Tangerang menghadirkan layanan fasilitas Catherization Laboratory (Cath Lab) dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Layanan Cath Lab ini merupakan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi AI.

Teknologi Artificial Intelligence (AI) tersebut bermanfaat untuk mengoptimalisasi proses fluoroskopi/cine dan visualisasi sehingga waktu tindakan menjadi relatif lebih singkat serta memperkecil resiko radiasi yang diterima baik oleh pasien maupun tim operator. Cath Lab bermanfaat untuk tindakan jantung dan pembuluh darah, seperti pemasangan stent (ring jantung) dan angiografi koroner. 

Baca juga : Hotel Dengan Konsep dan Nuansa Jepang di Ciputat

Fasilitas Cath Lab terbaru Primaya Hospital Tangerang sudah menerapkan implementasi Artificial Intelligence (AI) dengan tujuh parameters yang berguna untuk mengoptimalkan penggunaan radiasi pada tindakan fluoroskopi/cine sehingga dosis radiasi yang dikeluarkan lebih rendah.

Teknologi ini mempermudah operator dalam mengoperasikan alat, mempersingkat waktu prosedur pemeriksaan, serta memungkinkan operator mengubah tampilan kualitas gambar ditengah-tengah prosedur.

Direktur Primaya Hospital Tangerang, dr.Jocelyn Adrianto, MARS, FISQua mengatakan Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah merupakan salah satu layanan unggulan Primaya Hospital Tangerang. Primaya Hospital Tangerang menyediakan layanan yang komprehensif dengan teknologi yang mumpuni dan tenaga medis yang profesional.

“Sebagai rumah sakit rujukan untuk layanan jantung dan pembuluh darah, kami bangga menghadirkan layanan dengan menggunakan teknologi AI. Dengan alat yang baru ini, sangat membantu kerja tim dokter dalam melakukan berbagai macam prosedur.” jelas dr. Jocelyn.

Baca juga : Danamon Sediakan Coworking Space untuk Nasabah dan Masyarakat

Cath Lab merupakan fasilitas yang dapat digunakan untuk berbagai macam prosedur dan multi specialis dan telah dilengkapi dengan peralatan pendukung yang advance. Alat-alat tersebut akan membantu dokter lebih mudah melakukan prosedur diagnostik dan intervensi dengan invasi minimal.

Selain untuk layanan Jantung dan Pembuluh Darah, prosedur Cath Lab juga dapat dimanfaatkan di berbagai bidang lainnya, seperti bedah saraf, bedah tulang, radiologi intervensi, dan masih banyak lagi.

Terdapat pula tindakan menggunakan teknologi advance lainnya seperti Optical Coherence Tomography (OCT) yang berguna untuk melihat kondisi arteri koroner secara 3D dan real time dan Rotablator yang digunakan untuk mengikis plak yang mengeras pada pembuluh darah, dan dapat juga dilakukan tindakan dengan tingkat kesulitan tinggi seperti bedah jantung atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *