Ekonomi Bisnis

Kuartal I 2023, Metland Catatkan Pertumbuhan Pendapatan Sebesar 30%

Jakarta, Trendsetter.id – PT Metropolitan Land Tbk (MTLA) pada kuartal I 2023 mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp322,4 miliar atau tumbuh sebesar 30% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau Year on Year (YoY) sebesar Rp248,2 miliar, begitupula dengan laba bersih Perseroan tahun 2023 mencapai Rp68,6 miliar atau meningkat 11% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp61,3 miliar.

“Pendapatan MTLA dari dua segmen utama pendapatan yaitu penjualan residensial maupun pendapatan berulang mengalami peningkatan,” jelas Olivia Surodjo, Direktur PT Metropolitan Land Tbk.

Penjualan residensial MTLA sebesar Rp203,8 miliar naik 33% sementara itu perolehan pendapatan berulang sebesar Rp118,6 miliar atau naik 26% YoY.

Proyek berjalan seperti Metland Cyber Puri dan Metland Cibitung menjadi penyumbang terbesar pada pendapatan penjualan Perseroan di kuartal I tahun 2023 dan untuk pendapatan berulang pertumbuhan positif dari unit usaha pusat perbelanjaan dan hotel yang dimiliki.

“Metland menggenjot penjualan sejak awal tahun mengejar momen sebelum lebaran mengantisipasi berbagai kondisi ekonomi yang dapat mempengaruhi penjualan di semester II,” tambah Olivia.

Selain itu, nilai aset Perseroan pada Kuartal 1 2023 tercatat  Rp6,7 triliun angka ini turun dari Rp6,74 triliun di 31 Desember 2022, penurunan ini disebabkan penurunan liabilitas jangka pendek dari Rp1,43 triliun menjadi Rp1,27 triliun. Sedangkan jumlah ekuitas MTLA kuartal I 2023 sebesar Rp4,85 triliun meningkat dari Rp4,76 triliun di akhir Desember 2022.

Saat ini, MTLA menambah satu unit usaha baru yaitu Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud yang berlokasi di Bali. Hotel Horison Ume Suites & Villas Ubud merupakan hotel bintang 5 pertama yang dimiliki dan dikelola MTLA, dan dilengkapi fasilitas Ume Coffee & Dining Resto dan Day Club yang akan mulai dioperasionalkan mulai kuartal II tahun 2023.

MTLA juga meneruskan pengembangan proyek residensial berjalan seperti Metland Cyber Puri yang tengah kembali memasarkan cluster The Northbend tahap 3, Metland Cibitung juga kembali memasarkan cluster Havana tahap 2 dan Metland Cileungsi yang mempersembahkan produk terbarunya tipe Senna yang berada didalam cluster The Colony, begitu juga dengan Metland Transyogi yang akan meluncurkan produk terbarunya. Selain itu, MTLA tengah mempersiapkan dua proyek residensial baru salah satunya Metland Cikarang yang direncanakan akan mulai penjualan pada semester II tahun 2023.

Tahun 2023 MTLA menargetkan marketing sales yang terdiri dari pre sales dan recurring revenue sebesar Rp1,8 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *