Pariwisata

Kompetisi Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 Kembali Digelar

Jakarta, Trendsetter.id – Ajang Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 yang diselenggarakan Yayasan El John Indonesia kembali digelar. Pembukaan ajang pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 diselenggarakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta.

Tahun ini, pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 mengangkat tema “Beli produk Buatan Indonesia”. Dengan tema ini, pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 ikut mendorong masyarakat  untuk menghargai serta mempromosikan hasil karya dari berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf, Fransiskus Handoko, mewakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, membuka resmi pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf.

Dalam sambuitannya, Direktur Event Nasional dan Internasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Fransiskus Handoko, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilihan Putra Putri Pariwisata Nusantara 2024. Acara ini memiliki potensi besar untuk memperkuat citra positif pariwisata Indonesia, khususnya dalam konteks pemulihan ekonomi nasional. 

“Kami mengapresiasi penyelenggaraan Putra Putri Pariwisata Nusantara yang mana event ini dapat memperkuat citra positif Pariwisata Indonesia khususnya saat ini karena Indonesia saat ini dalam proses pemulihan ekonomi dengan adanya citra positif ini tentu saja bisa lebih cepat memulihkan ekonomi Indonesia melalui kebangkitan event-event nasional pariwisata,” ujar Fransiskus.

Rangkaian pembukaan ditandai pemukulan gong dan penabuhan gendang, serta dilanjutkan dengan penyelempangan dan pengalungan sash kepada pasangan finalis. Kompetisi tahun ini diikuti oleh 25 pasangan yang masing-masing mewakili provinsi-provinsi di Indonesia, mencerminkan keragaman budaya dan pariwisata Indonesia.

Pembukaan acara juga menandai dimulainya masa karantina di The Tavia Heritage Hotel, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, yang berlangsung mulai tanggal 22 hingga 28 Juli 2024. Selama masa karantina ini, para finalis akan menjalani serangkaian pembekalan dari narasumber profesional mengenai pariwisata, budaya, kepribadian, dan aspek lainnya yang penting untuk persiapan kompetisi.

Ketua Umum Yayasan EL JOHN Indonesia, Martinus Johnnie Sugiarto, mengatakan acara ini tidak hanya tentang kompetisi, tetapi juga mengusung tema penting bagi perekonomian lokal.

‘’Dengan demikian, dukungan terhadap produk lokal diharapkan tidak hanya memperkuat ekonomi lokal tetapi juga mendukung pertumbuhan UKM di berbagai sektor, memastikan bahwa ekonomi berputar di dalam negeri.” tutur Johnnie.

Yayasan El John Indonesia juga secara resmi mengumumkan tiga Putri binaannya yang akan mewakili Indonesia dalam kontes internasional, menjadikan kompetisi ini sebagai platform untuk memperluas pengaruh dan apresiasi terhadap keindahan pariwisata Indonesia di tingkat global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *