Ekonomi Bisnis

Indonesia AirAsia Terbang Langsung dari Jakarta Ke Brunei Darussalam

Jakarta, Trendsetter.id – Indonesia AirAsia, menambah rute penerbangan internasional kedua di tahun 2024, setelah Jakarta-Kota Kinabalu yang baru saja diresmikan pada Februari lalu. Kini penumpang dapat terbang langsung dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam atau yang dikenal juga sebagai ‘The Kingdom of Unexpected Treasures’ (Kerajaan dengan Harta Karun Tak Terduga).

Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menjelaskan, Indonesia AirAsia terus membuktikan komitmennya dalam memperluas konektivitas penerbangan ke berbagai destinasi. Tidak hanya menghubungkan masyarakat melalui rute domestik, tetapi juga rute internasional yang menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan untuk berkunjung.

“Pembukaan rute terbaru ini sekaligus menjadi negara keenam yang dilayani oleh Indonesia AirAsia, setelah Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja,” ujar Veranita Yosephine.

Menilik data Badan Pusat Statistik Indonesia, jumlah wisatawan mancanegara dari Brunei Darussalam ke Indonesia mulai mengalami peningkatan di tahun 2022, yaitu sebanyak 4,798 wisatawan kembali berdatangan ke Indonesia. Di tahun 2023 pun kembali meningkat sebanyak 13,518 wisatawan atau naik sebesar 181.7% jika dibandingkan dengan tahun 2022. Angka ini diharapkan dapat terus meningkat kedepannya seiring dengan dibukanya rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Brunei Darussalam.

Veranita menambahkan dibukanya rute terbaru ke Brunei Darussalam ini juga diharapkan dapat membuka peluang bagi kedua negara dalam meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini kemudian akan menimbulkan dampak positif dari segi peningkatan di sektor industri pariwisata dan perekonomian masing-masing negara. Selain itu, dapat berkontribusi dalam mempererat hubungan baik antara pemerintah Indonesia dan Brunei Darussalam.

Tiket pesawat dari Jakarta ke Bandar Seri Begawan sendiri sudah mulai bisa dipesan sejak hari ini, Rabu, 5 Juni 2024. Sementara, penerbangan perdana akan dilayani pada 2 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Rabu, Jumat dan Minggu).

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Jakarta (JKT) ke Bandar Seri Begawan (BWN)

Brunei Darussalam, negeri yang kaya akan minyak bumi dan gas alamnya ini juga dikaruniai dengan keindahan alam, budaya serta kehidupan masyarakatnya yang harmonis. Wisatawan pun disajikan dengan beragam destinasi wisata, mulai dari Omar Ali Saifuddien Mosque, Jame’ Asr Hassanil Bolkiah Mosque, Gadong Night Market, Istana Nurul Iman, Royal Regalia Museum, Tasek Lama Recreational Park serta Taman Mahkota Jubli Emas.

Tidak hanya wisatawan dari Indonesia saja yang dapat berkunjung dan menikmati pariwisata di Bandar Seri Begawan. Begitu juga dengan wisatawan dari Brunei Darussalam yang ingin merasakan pariwisata Indonesia, dengan penerbangan lanjutan dari Jakarta, menuju destinasi wisata unggulan seperti Bali, Labuan Bajo maupun Danau Toba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *