ASLC Optimis Pendapatan 2023 Tumbuh Positif
Jakarta, Trendsetter.id – PT Autopedia Sukses Lestari Tbk (ASLC), optimis pendapatan tahun 2023 akan tumbuh positif seiring transaksi mobil bekas yang semakin bergairah. Peningkatan tren penjualan mobil bekas tersebut seiring dengan perkembangan penjualan mobil nasional Januari – April tahun ini yang mencapai 339.962 unit, naik 5,2%% YoY dibandingkan 320.120 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.
Perseroan melihat prospek bisnis mobil bekas tahun ini dengan optimis, didorong oleh tren positif dari berbagai faktor.
Pertama, kembali turunnya harga minyak dari level puncak akan mengurangi tekanan inflasi, serta meningkatkan mobilitas. Kedua, rebound penjualan mobil baru ke tingkat pra-pandemi diperkirakan akan menimbulkan meningkatnya permintaan mobil bekas.
Tren ini cukup signifikan mengingat bahwa mobil baru menjadi semakin mahal setiap tahunnya, sehingga mobil bekas menjadi pilihan yang relatif lebih terjangkau. Selain itu, lonjakan permintaan kredit kendaraan baru selama empat kuartal terakhir diperkirakan akan menghasilkan pasokan kendaraan yang lebih tinggi untuk dijual melalui lelang pada tahun 2023.
Khususnya, pada Q1-2023, JBA melihat adanya peningkatan volume lelang, yaitu mencapai 19.373 unit (meningkat 8,81% QoQ dan 6,16% YoY), sejalan dengan pertumbuhan permintaan kredit kendaraan yang terpantau sejak Q1-2022.
Berdasarkan pandangan tersebut, JBA Indonesia, unit usaha lelang mobil Perseroan menargetkan volume penjualan lelangnya minimal mencapai 38.000 unit unit pada tahun ini – mendekati level pra-pandemi. Untuk meningkatkan penawaran layanannya dan menarik lebih banyak peserta, JBA Indonesia menggandeng Mega Insurance untuk memberikan manfaat tambahan berupa asuransi kendaraan Total Loss Only (TLO).
Sementara melalui bisnis penjualan retail mobil bekas, Caroline.id, Perseroan tahun ini menargetkan penjualan 3.000-4.000 unit.
Pada tahun 2022, ASLC melalui Caroline.id berhasil menjual 2.481 unit mobil, jauh melampaui target penjualan tahun 2022 sebanyak 2.000 unit. Sepanjang tahun ini, Caroline.id kembali membuka showroom di Depok dan flagship store di Gading Serpong untuk meningkatkan akses pelanggan dan membangun brand awareness.