Teknologi

Penyebab Ponsel Panas dan Cara Mengatasinya

Jakarta, Trendsetter.id – Semua penguna ponsel pasti pernah mengalami ponselnya gampang panas atau overheating. Ponsel panas pastinya jadi kendala, apalagi kalau lagi dibutuhkan. Jangan biarin ponsel kamu terus menerus mengalami panas. Kalau dibiarkan terus, makin lama bisa menurunkan performa ponsel dan baterai cepat boros bahkan bisa sampai meledak.

Jangan paksakan ponsel kalau kondisi nya lagi panas, bisa-bisa nanti hp kamu malah mati total. Biasanya penyebab ponsel panas ada beberapa faktor, seperti banyak aplikasi atau isi daya yang berlebihan. Simak beberapa tips yang bisa membantu kamu mengatasi ponsel panas.

Jangan Terkena Langsung Sinar Matahari

Terkena langsung sinar matahari bisa juga menyebabkan ponsel panas. Kalau dibiarkan terkena sinar matahari dalam jangka waktu lama, semakin tinggi hawa panas yang ada di hp. Solusinya, lepas casing ponsel dan didinginkan di ruangan yang sejuk. Bisa juga pakai kipas angin buant mendinginkannya.

Bermain Game Terlalu Lama

Main game yang dalam jangka yang lama, ga baik juga buat kesehatan ponsel. Batasin waktu bermain game, apalagi kalua ponsel kamu ga ada pendingin internal. Terlalu lama bermain game, membuat ponsel bekerja keras dan mempengaruhi kondisi baterai.

Casing Ponsel Tidak Sesuai

Penggunaan casing ponsel yang terbuat dari bahan tertentu atau desain yang tidak baik, bisa mengurangi sirkulasi udara di dalam ponsel. Udara panas yang terperangkap di dalam ponsel, bisa mengakibatkan beberapa kompnen menjadi panas. Pilih casing yang sesuai dengan ponsel kamu, jangan ketebalan atau menutupi lubang pendingin pada ponsel. Pastikan juga memiliki ventilasi angin yang sesuai

Layar Terlalu Cerah

Tingginya kecerahan layar bikin baterai boros dan cepet panas. Makin terang layar, makin banyak juga daya yang dipakai. Mata kamu juga bisa capek ketika terlalu lama melihat layar. Atur kecerahan layar ponsel untuk turunkan penggunaan daya ponsel.

Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Banyaknya aplikasi yang aktif di background bisa bikin kinerja ponsel lemot dan cepat panas. Aplikasi tersebut akan menyebabkan ponsel bekerja keras dan memakan banyak daya. Setelah memakai aplikasi, pastikan kamu matikan atau nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan di background

Perbaharui aplikasi

Aplikasi versi lama yang masih dipertahankan, memakan daya juga yang banyak. Biasanya aplikasi lama terdapat bug atau eror di sistem. Periksa dan perbaharui aplikasi di ponsel kamu secara teratur. Pengembang memberikan pembaruan sistem yang bisa memperbaiki bug atau eror.

Foto: Pexels/Polina Zimmerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *