Ekonomi Bisnis

Indonesia AirAsia Tambah Rute Internasional dari Denpasar ke Phuket dan Kota Kinabalu

Jakarta, Trendsetter.id – Indonesia AirAsia kembali membuka 2 rute internasional yang terbang langsung dari Denpasar ke Phuket, Thailand dan Denpasar ke Kota Kinabalu, Malaysia. Pembukaan rute ini menunjukkan upaya Indonesia AirAsia dalam memperluas konektivitas jaringan udara dan memperkuat potensi pariwisata Indonesia dimata dunia.

“Indonesia AirAsia terus melakukan terobosan baru dalam membuka berbagai rute penerbangan yang dapat memudahkan penumpang untuk berkunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Seperti kedua rute terbaru ini, yang menjadi satu-satunya penerbangan langsung yang menghubungkan destinasi populer Denpasar-Phuket, Thailand dan Denpasar-Kota Kinabalu yang terletak di Sabah, Malaysia,” kata Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine di Jakarta.

Veranita menambahkan sejak dibukanya rute Jakarta-Kota Kinabalu pada Februari lalu, terlihat betapa antusiasnya penumpang atas rute ini. Tercatat dari Februari hingga Mei 2024, tingkat keterisiannya mencapai lebih dari 94%. Sehingga Indonesia AirAsia mengambil langkah strategis dalam melebarkan sayapnya dan kembali menghubungkan penumpang dari Indonesia ke Kota Kinabalu melalui Denpasar.

Penerbangan pertama rute Denpasar-Kota Kinabalu akan mulai beroperasi pada 9 Agustus 2024 dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Rabu, Jumat dan Minggu). Sementara rute Denpasar-Phuket akan beroperasi mulai 10 Agustus 2024 dengan dengan frekuensi terbang sebanyak 3x dalam seminggu (Selasa, Kamis dan Sabtu).

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Denpasar (DPS) ke Kota Kinabalu (BKI)

Jadwal Penerbangan Indonesia AirAsia dari Bali (DPS) ke Phuket (HKT)

Diharapkan dengan penambahan rute baru ke Phuket dan Kota Kinabalu ini, dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia di tahun 2024. Sehingga bisa mencapai target yang telah ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebanyak 17 juta kunjungan, serta memberikan kontribusi positif melalui peningkatan jumlah kunjungan wisatawan, baik di sektor pariwisata maupun perekonomian Indonesia.

Selain itu, pembukaan rute-rute ini berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara antar destinasi wisata di ASEAN, memudahkan wisatawan internasional mengunjungi beberapa destinasi. Hal ini mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pendapatan, lapangan kerja, dan investasi, serta memperkuat kerjasama regional dan pertukaran budaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *