Adu Gahar Motor Gede Spek Sultan Kawasaki Z1100 vs Z900RS Terbaru
Jakarta, Trendsetter.id — Kawasaki menutup tahun 2025 dengan langkah agresif di segmen roda dua premium. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi meluncurkan tiga model terbaru Model Year 2026: Kawasaki Z1100 ABS, Z900RS, dan Z900RS CAFE.
Peluncuran ini sekaligus menjawab dua gaya hidup rider masa kini: pencari adrenalin dengan performa buas, dan penggemar motor klasik modern yang mengutamakan karakter serta pengalaman berkendara.
“Model Year 2026 ini kami rancang untuk menghadirkan performa lebih kuat, stabilitas tinggi, dan electronic rider support yang semakin matang. Kami ingin motor-motor ini bukan hanya bertenaga, tapi juga membangun cerita dan pengalaman baru bagi pemiliknya,” ujar Michael C. Tanadhi, Dept. Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia.
Z1100 ABS MY2026: Si “Sugomi” yang Makin Buas
Di segmen Supernaked, Kawasaki Z1100 ABS MY2026 tampil sebagai evolusi agresif yang lebih dewasa. Motor ini mengusung mesin 1.099 cc In-Line Four dengan karakter strong low–mid torque dan akselerasi linear di putaran atas—memberi sensasi naturally aspirated performance khas keluarga Z.

Tak cuma soal tenaga, Kawasaki juga mengutamakan kendali. Revisi ergonomi melalui aluminum fat bar handlebar yang lebih lebar dan sedikit maju membuat motor terasa lebih stabil dan lincah, baik saat city riding maupun digeber di kecepatan tinggi.
Secara visual, DNA Sugomi design tetap dipertahankan lewat siluet condense dan mass-forward. Headlamp LED agresif, shroud baru, front fender, hingga supersport-style footpeg tak hanya mempertegas tampilan, tapi juga meningkatkan stabilitas berkendara.
Z1100 MY2026 kini dibekali paket elektronik lengkap berbasis Inertial Measurement Unit (IMU). Fitur seperti Kawasaki Traction Control (KTRC), Cornering Management Function (KCMF), dan Kawasaki Intelligent ABS (KIBS) bekerja lebih presisi sesuai kondisi berkendara.
Pengalaman makin personal lewat Integrated Riding Modes, Kawasaki Quick Shifter (KQS) dua arah, serta panel TFT 5 inci dengan konektivitas RIDEOLOGY THE APP MOTORCYCLE. Pengendara bisa memantau data motor, riding log, hingga personalisasi mode langsung dari smartphone.
Z1100 ABS MY2026 dipasarkan dengan harga Rp 399.900.000 OTR Jakarta, tersedia mulai Desember 2025.
Z900RS MY2026: Retro Ikonik
Di kubu retro sport, Kawasaki Z900RS Series MY2026 mengalami evolusi besar tanpa menghilangkan ruh klasiknya. Mesin 948 cc kini mengadopsi electronic throttle valves, menghasilkan penyaluran tenaga yang lebih halus di putaran rendah namun tetap galak saat rpm tinggi.
Penyetelan ulang rangka membuat sensasi berkendara terasa lebih “connected” dengan pengendara. Knalpot megaphone-style juga direvisi agar menghasilkan karakter suara vintage yang lebih autentik, berpadu dengan sentuhan modern.

Warisan desain legendaris Z1 tetap jadi daya tarik utama: tangki teardrop ikonik, lampu depan bulat dengan chromed ring, hingga oval LED taillight. Detail seperti komponen aluminium ultra-tipis dan jok dengan jahitan double-stitched memberi kesan premium yang kuat. Varian standar hadir dengan warna Candy Tone Red, tampil klasik namun tetap elegan.
Sementara itu, Z900RS CAFE hadir sebagai interpretasi retro racer yang lebih sporty dan personal. Front cowl khas café racer, drop handlebar yang lebih rendah, serta stepped seat mempertegas aura balap klasik. Finishing knalpot hairline dan grafis minimalis terinspirasi Mach Series Rainbow Line memberi sentuhan old-school yang subtle.
Meski tampil klasik, Z900RS Series MY2026 sudah sangat modern. Fitur IMU-based ABS, cruise control, quick shifter dua arah, hingga konektivitas smartphone menjadi standar. Semua bekerja tanpa menghilangkan karakter analog mesin empat silinder yang jadi jiwa motor ini.
Harga resmi Z900RS MY2026 dipatok Rp 360.900.000, sementara Z900RS CAFE dibanderol Rp 373.000.000 OTR Jakarta.
Dengan peluncuran Z1100 dan Z900RS Series MY2026, Kawasaki menegaskan bahwa pasar premium bukan hanya soal spesifikasi, tapi juga soal emosi, karakter, dan pengalaman berkendara.
“Kami mendengarkan kebutuhan pengendara yang ingin memadukan estetika klasik dan engineering modern. Motor-motor ini kami rancang agar relevan dengan karakter unik setiap rider,” tutup Michael.

