News

Poland–Indonesia Friendship Walk jadi Jembatan Bisnis dan Budaya

Jakarta, Trendsetter.id – Hubungan Indonesia dan Polandia resmi naik kelas. Bukan sekadar seremonial, tapi lewat kegiatan yang dekat dengan keseharian kita: jalan sehat dan belanja. Ratusan orang, mulai dari warga lokal hingga ekspat, tumpah ruah di kawasan Car Free Day (CFD) Jakarta pada Minggu (16/11/2025) untuk acara Poland–Indonesia Friendship Walk sepanjang 5 kilometer.

Acara jalan santai dari Bundaran HI sampai Grand Lucky SCBD ini adalah bagian dari rangkaian besar Poland Festival ASEAN 2025. Event ini jadi statement konkret upaya kedua negara memperkuat relasi budaya, komunitas, hingga ekonomi.

Duta Besar Polandia untuk Indonesia, Barbara Szymanowska, happy banget melihat antusiasme peserta. “Kita merayakan Festival Polandia tahun 2025 edisi keenam dan saya harap kita akan terus merayakan tahun depan dengan Istimewa,” ujar Barbara saat memberikan souvenir kepada peserta.

Barbara menekankan, Friendship Walk ini sengaja dibuat terbuka untuk siapa saja, keluarga, pelajar, komunitas bisnis, bahkan pegiat budaya. Kehadiran berbagai kelompok ini mencerminkan semangat kebersamaan dan gaya hidup aktif yang ingin ditonjolkan Polandia dan Indonesia.

“Kolaborasi bisa berkembang dari kegiatan sederhana yang membangun jembatan jangka panjang antara bangsa” ujar Cezary Filipek, Head of Office, Polish Investment and Trade Agency (PAIH) Jakarta.

Selepas berkeringat, vibe acara langsung pindah ke Poland Shopping Day 2025 yang resmi diluncurkan di Grand Lucky SCBD. Program ini all-out menampilkan budaya Polandia, mulai dari demo kuliner otentik hingga produk makanan dan lifestyle yang lagi hits. Pengunjung bisa ikutan beragam aktivitas tematik yang memamerkan inovasi Polandia di sektor ritel dan FMCG (Fast-Moving Consumer Goods).

Nggak cuma di Jakarta, Poland Shopping Day 2025 juga menyasar kota lain, lho! seperti Jakarta: 16 November 2025 di Grand Lucky SCBD, Bali: 21 November 2025 di Grand Lucky Sanur, Surabaya: 22 November 2025 di Hokky Citraland.

Selama periode ini, toko-toko yang berpartisipasi bakal punya Poland Shopping Day Corner yang ramai dengan cooking demo, pertunjukan budaya, product sampling, dan diskon spesial. Ada juga Poland Shopping Day Awards sebagai bentuk apresiasi untuk mitra ritel yang bantu mengembangkan kerja sama perdagangan internasional.

Di balik fun Festival Polandia, ada agenda serius: potensi investasi. Cezary Filipek dari PAIH Jakarta mengungkapkan bahwa lewat acara santai ini, mereka ingin mendekatkan masyarakat kedua negara, bukan hanya lewat peluang bisnis, tapi juga pengalaman sehari-hari.

Ia optimis, kerja sama perdagangan yang kini makin erat akan mengarah pada proyek investasi jangka panjang di berbagai sektor. “Kami melihat dari Polandia kekuatan kami di sektor pangan, transportasi berkelanjutan juga mencakup transisi energi, pendidikan, dan budaya,” jelasnya.

Menurut Cezary, membawa produk makanan adalah cara Polandia membawa “cinta”, dan melalui “cinta” itu, diharapkan akan datang banyak bisnis dan investasi, termasuk proyek-proyek strategis.

Jacek Kolomyjec, Deputy Head PAIH, menutup acara dengan kesan mendalam. “Setelah menempuh lima kilometer dengan berjalan santai, mungkin sedikit lelah, namun saya melihat senyum yang begitu banyak di wajah peserta dan ini adalah hari yang sangat luar biasa,” katanya, seraya berharap masyarakat menikmati produk Polandia.

So, Friendship Walk dan Poland Shopping Day ini bukan cuma event, tapi jembatan strategis yang menghubungkan dua negara. Makin banyak interaksi di level komunitas, makin kuat fondasi kerja sama bisnis dan investasi ke depannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *