MyBCA X brightspotMRKT 2024 Fokus Pada Gaya Hidup Berkelanjutan
Jakarta, Trendsetter.id – BrightspotMRKT, yang telah menjadi platform untuk kreativitas brand lokal sejak 2009, kembali hadir di jantung kota Jakarta, khususnya untuk ketiga kalinya di tahun 2024. Gelaran kali ini, yang berlangsung dari 27 – 29 September dan 4 – 6 Oktober 2024 di Agora Mall Thamrin, menawarkan konsep unik yang memadukan kuliner, fashion, seni, dan musik dengan fokus pada gaya hidup berkelanjutan.
Sejak 2023 brightspotMRKT telah mengusung tema yang merayakan masa depan dimana manusia tetap menjadi pusat kreativitas melalui tema “Future Is Human”, merayakan masa lalu yang membentuk masa depan di “Past Makes Future” dan kini di MyBCA x brightspotMRKT 2024 di Agora Mall mengusung tema “Future Perfect”, dimana kesejahteraan pribadi di masa depan yang sempurna bisa tercipta saat interaksi antar individu kreatif terus terjadi di ruang-ruang publik.
Anton Wirjono selaku Founder brightspotMRKT menjelaskan keseruan dan berbagai hal menarik yang dapat disorot di acara kali ini. brightspotMRKT kali ini menampilkan 228 brand terkurasi dari lebih dari 1300 submission yang diterima. Dari jumlah tersebut, 40% di antaranya merupakan brand baru yang berasal dari berbagai kota, seperti Jakarta, Bali, Surabaya, Bandung, Jogja, Medan, Balikpapan, dan beberapa kota lainnya.
“Menariknya, banyak brand unggulan justru datang dari luar Jakarta, hal ini menegaskan bahwa kreativitas tidak lagi terpusat di ibu kota, melainkan mulai bergerak menyebar merata ke seluruh Indonesia.” jelas Anton.
Selain berfungsi sebagai tempat berkumpul bagi para pelaku industri kreatif lokal dengan visi serupa, ruang publik juga mendorong terbentuknya komunitas kreatif baru. Lebih dari itu, brightspotMRKT telah menjadi ajang reuni bagi mereka yang terlibat dalam industri kreatif, memperkuat hubungan dalam ekosistem yang terus berkembang.
Dody Santosa Iswan, selaku Senior Vice President BCA, mengatakan dukungan BCA terhadap brightspotMRKT 2024 merupakan bukti dari komitmen kuat BCA dalam mendukung ekosistem kreatif lokal dengan layanan yang memudahkan transaksi, seperti aplikasi myBCA dan Paylater BCA.
“Kami tidak hanya memberikan kemudahan bagi pengunjung, tetapi juga menawarkan promo eksklusif yang dapat dimanfaatkan oleh tenant sebagai strategi pemasaran efektif.” ungkap Dody
Menjawab trend masa depan yang dinamis, brightspotMRKT menekankan pentingnya mengadopsi konsep “renaissance person,” di mana individu masa depan perlu memiliki keterampilan lintas disiplin untuk memastikan pertumbuhan ekonomi kreatif yang adaptif, dan berkelanjutan. Dengan mengkurasi local brand yang tidak hanya memiliki keunikan dan kreatifitas dalam berkarya namun juga menerapkan praktek usaha berkelanjutan yang future-proof.
BrightspotMRKT selalu mengusung prinsip bahwa brand lokal tidak harus diasosiasikan dengan harga murah dan kualitas standar; justru, banyak brand lokal yang mampu bersaing dalam hal kualitas dengan merek internasional. Lebih dari itu, brightspotMRKT juga sangat memperhatikan keberhasilan para tenant dengan mengimplementasikan sistem satu POS (Point of Sales) yang terintegrasi, memastikan bahwa transaksi berjalan lancar dan memberikan pengalaman berbelanja yang efisien bagi pengunjung.